PENYUSUNAN KEY PERFORMANCE INDICATORS BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI BMT UMY

NINA FIRYASTANTI (2014) PENYUSUNAN KEY PERFORMANCE INDICATORS BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI BMT UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan evaluasi program kerja dan penyusunan dari key performance indicators berbasis balanced scorecard pada BMT UMY. Setiap strategi memiliki persiapan yang harus dievaluasi dan dipantau untuk menentukan efektifitas penerapan balanced scorecard. Balanced scorecard adalah sebuah sistem manajemen yang membantu organisasi untuk menajamkan visi dan strategi dan menterjemahkannya menjadi tindakan. Saat ini balanced scorecard digunakan secara luas karena kesederhanaan dan kemudahannya. Sementara itu, BMT UMY merupakan sebuah lembaga keuangan syari’ah yang berperan aktif untuk meningkatkan perekonomian nasional khususnya dalam bidang perekonomian syariah. Pada penelitian ini juga menyajikan sebuah studi bagaimana menyusun dan menerapkan key performance indicators berbasis balanced scorecard pada BMT UMY.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program kerja di BMT UMY belum sepenuhnya menerapkan prinsip balanced scorecard. Salah satunya adalah tidak terdapat strategi pengukur (pengukur hasil dan pengukur penggerak pelaksanaan) dan target key performance indicators yang telah dipersiapkan berdasarkan strategi target dari program kerja. Penelitian ini membahas empat perspektif, yaitu: 1). Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang mencakup (indeks kemampuan personal, indeks komitmen personal, indeks lingkungan kerja Islami dan perbandingan antara kapasitas teknologi yang digunakan secara optimal), 2). Perspektif proses bisnis internal yang mencakup (kualitas pelayanan, kecepatan dan ketelitian dalam proses operasi), 3). Perspektif pelanggan mencakup (total pelanggan baru, total keluhan dan kepuasan pelanggan), 4). Perspektif keuangan yang mencakup (total sumber dana baru, dan mengurangi struktur kerugian).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEY PERFORMANCE INDICATORS, BALANCED SCORECARD
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 08:03
Last Modified: 18 Jun 2022 08:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15934

Actions (login required)

View Item
View Item