METODE PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI KARANGPILANG SEMIN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUSANTO (2014) METODE PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI KARANGPILANG SEMIN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (922kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (45kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (66kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan peningkatan pendidikan agama Islam adalah pembinaan spiritual atau mental keagamaan pada guru agama. Karena pembangunan yang mengutamakan material saja tanpa diiringi dengan pembinaan spiritual akan timbul berbagai macam kesenjangan sosial, pendidikan dan mental yang mengakibatkan manusia yang terseret kepada kesesatan. Kunci suatu keberhasilan memang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, akan tetapi bila seorang kepala madrasah dalam memberikan peningkatan , kebijaksanaan serta bimbingan keagamaan kepada bawahannya bersifat ragu-ragu karena pengetahuan agama kepala madrasah yang kurang, akan mengakibatkan kemerosatan mental atau spiritual.
Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan Guru dan kepala Sekolah, Selain itu Menggunakan metode observasi, Metode interview ini digunakan untuk mendapatkan data dari guru agama islam tentang upaya meningkatkan mutu pembelajaran fikih. Metode dokumentasi ini digunakan untuk mengambil data yang berhubungan dengan gambaran umum MI YAPPI Karangpilang Semin yang meliputi sejarah berdirinya, sarana dan prasarana, struktur organisasi madrasah, keadaan guru dan siswa.
Hasil Penelitian Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fikih, Dalam hal peningkatan pembelajaran ada 4 Aspek yang di tingkatkan mutunya yaitu :Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Pengelolaan kelas, Evaluasi yang digunakan. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan Mutu Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Karangpilang Semin Kabupaten Gunungkidul. a. Faktor Pendukung meliputi:Keberadaan Musolla yang Mendukung, Tempat Pembelajaran Yang Kondusif, Sarana Prasana Yang Memadai , Siswa Aktif TPA dilingkungan Masjid . Faktor penghambat adalah Semangat Belajar Anak Naik Turun Ada diantara siswa yang kurang mampu membaca bahasa arabKurangnya sarana pembelajaran PAI. Hasil Yang Dicapai Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Karangpilang Semin Kabupaten Gunungkidul adalah Terciptanya Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Dan Kondusif, Terjadi Peningkatan Prestasi Belajar, Terjadi Peningkatan Praktek Ibadah , Peningkatan Displin waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: METODE, GURU, PENINGKATAN MUTU, PEMBELAJARAN FIKIH
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 08:03
Last Modified: 18 Jun 2022 08:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15936

Actions (login required)

View Item
View Item