Putri Rahmadani (2020) PENERAPAN PERMAINAN KARUTA DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (922kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat sebagai perantara dari sumber materi yang akan diajarkan kepada objek yang akan menjadi penerima materi tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media berupa permainan karuta sebagai alat untuk menyampaikan materi atau bahan ajar kepada siswa dengan tujuan mempermudah siswa dalam menerima materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai penerapan dan tanggapan siswa terhadap permainan karuta yang digunakan dalam pembelajaran dokkai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan sampel penelitian adalah 28 siswa kelas XI Ilmu Bahasa dan Budaya Madrasah Aliyah Negeri III Bantul tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obsevasi, angket, dan wawancara.
Dari hasil analisis data, diketahui bahwa permainan karuta memiliki tahap pembelajaran yang sistematis dan terencana dengan baik. Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ini positif. Begitu pula tanggapan pengajar terhadap penerapan permainan karuta juga positif. Hal ini menjelaskan bahwa permainan karuta adalah media pembelajaran yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Dosen Pembimbing: | WISTRI MEISA, M.Pd. | NIDN0508058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |