Yusuf Apriyadi (2020) Students’ Perception on the Implementation of Small Group Discussion Method in English Learning. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Metode diskusi kelompok kecil dilaksanakan sebagai kegiatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk bersikap kooperatif dalam setiap bagian di dalam diskusi kelompok. Siswa memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyelesaikan masalah bersama. Selain itu, diskusi kelompok kecil diperlukan untuk mengembangkan cara berpikir dan bertindak siswa agar lebih mendapatkan keaslian dalam pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan tantangan dari pelaksanaan diskusi kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan empat orang peserta Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED). Manfaat pelaksanaan diskusi kelompok kecil adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa, memperoleh kosakata baru, meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kedua, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan diskusi kelompok kecil. Tantangannya adalah kesulitan berbicara bahasa Inggris, kesulitan pemahaman kosakata, tingkat kepercayaan diri siswa yang rendah, topik diskusi yang tidak menarik, dan situasi kelas yang tidak efektif.
Kata kunci: diskusi kelompok kecil, keuntungan dan tantangan diskusi kelompok kecil.
Dosen Pembimbing: | Gendroyono, S.Pd., M.Pd | NIDN0525017501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:32 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |