PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI DAN CGPI PERIODE 2010-2013)

DEWI SAPTIAWATI (2015) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI DAN CGPI PERIODE 2010-2013). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menguji pengaruh intellectual capital dan corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 perusahaan dengan tehnik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Intellectual capital diukur dengan menggunakan value added intellectual coefficient (VAIC). Corporate governance diukur dengan menggunakan skor pemeringkatan corporate governance perception index (CGPI). Kinerja perusahaan diukur dengan return on asset (ROA) dan price to book value (PBV).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intellectual capital dengan kinerja perusahaan yang diukur menggunakan ROA dengan nilai koef. B 0,010, p-value 0,005 dan PBV dengan nilai koef. B 0,186, p-value 0,018. Hal ini menunjukkan bahwa variabel intellectual capital mampu menghasilkan value added bagi perusahaan sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan dan kinerja pasar perusahaan. Corporate governance berpengaruh positif signifikan terhadap ROA dengan koef. B 0,005, p-value 0,002 , namun tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV dengan koef. B 0,030, p-value 0,375. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi corporate governance memiliki pengaruh terhadap pencapaian laba perusahaan namun respon pasar atas implementasi corporate governance masih kurang dan pasar tidak menjadikan corporate governance sebagai pertimbangan utama dalam mengambil keputusan investasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: *65 INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC), CORPORATE GOVERNANCE (CGPI), RETURN ON ASSE (ROA), PRICE TO BOOK VALUE (PBV)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:44
Last Modified: 17 Jun 2022 01:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item
View Item