RANCANG BANGUN SISTEM PRE MEDICAL CHECKUP PENGUKUR TINGGI BADAN BERBASIS ATMEGA 328 DENGAN PENAMPIL LCD DAN SISTEM BERBASIS ANDROID

M. HASMAYADI (2015) RANCANG BANGUN SISTEM PRE MEDICAL CHECKUP PENGUKUR TINGGI BADAN BERBASIS ATMEGA 328 DENGAN PENAMPIL LCD DAN SISTEM BERBASIS ANDROID. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Medical checkup adalah pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan pasien, bukan untuk mendiagnosis gejala atau mengobati penyakit. Medical checkup mencakup serangkaian wawancara dan pemeriksaan kesehatan. Sistem pre medical checkup, akan digunakan untuk malakukan pemeriksaan pendukung, yang biasanya setelah dilakukan wawancara antara tenaga dokter dengan orang yang diperiksa. Pemeriksaan yang dibuat saat ini meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan. Prototype sistem pre medical checkup terdiri dari bagian utama sistem mekanik, sistem instrumentasi medis. Sistem mekanik berfungsi untuk menempatkan sensor-sensor dan panel/kotak instrumen. Sistem mekanik menggunakan bahan almunium dengan tebal sekitar 1 mm. Sistem sambungan dengan kombinasi las dan mur baut. Sistem instrumentasi medis terdiri dari sensor ultrasonik, sistem akuisisi data dan sistem komunikasi data. Sistem akuisisi data menggunakan mikrokontroler ATMega 328 yang diprogram dengan antarmuka IDE Arduino Uno sebagai pengolah data. Sistem komunikasi menggunakan bluetooth, sehingga akan lebih sederhana dalam sinkronisasi dan inisiasi dengan perangkat lain serta lebih murah, dibanding sistem lain. Saat pengujian pengukuran, selisih yang dapat diperoleh adalah 3cm-4cm. pada alat ini tingkat kesalahan relatifnya sebesar -0,09% s/d -3,5%. Penulis menggunakan papan sebagai media pendeteksian sinyal karena tanpa menggunakan papan, hasil yang dipancarkan maupun dipantulkan oleh objek dari sensor itu tidak merata atau hasil yang tidak sesuai dengan sekala yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SENSOR ULTRASONIK, BLUETOOTH, MIKROKONTROLER ATMEGA 328, IDE ARDUINO UNO
Divisions: Program Vokasi > Teknologi Elektro-medis D3
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:45
Last Modified: 19 Feb 2022 01:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16574

Actions (login required)

View Item
View Item