EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI ASRAMA MAHASISWA (UNIRES) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

M. NAZIEH IBADILLAH (2015) EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI ASRAMA MAHASISWA (UNIRES) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran yang jelas tentang perencanaan program peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Asrama Mahasiswa (UNIRES) UMY; (2) memperoleh gambaran yang jelas tentang persiapan program peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Asrama Mahasiswa (UNIRES) UMY; (3) memperoleh gambaran yang jelas tentang pelaksanaan program peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Asrama Mahasiswa (UNIRES) UMY; (4) memperoleh gambaran yang jelas tentang hasil program peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Asrama Mahasiswa (UNIRES) UMY.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Subjek penelitiannya sebanyak 238 resident dengan rincian 77 resident putra, dan 161 resident putri, dengan mengambil kasus di Asrama mahasiswa (UNIRES) UMY. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedang model evaluasi yang peneliti pilih dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (context, Input, Process and Product) karena objek penelitian tidak hanya pada hasil semata tetapi juga konteks, masukan, proses maupun hasil.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Asrama Mahasiswa (UNIRES) UMY sudah baik, karena telah memenuhi standar desain model CIPP, yaitu meliputi kebijakan Kepala UNIRES, kebutuhan yang akan dicapai/dipenuhi, dan perencanaan peluang yang dapat dimanfaatkan; (2) persiapannya juga sudah baik, yaitu tersedianya tenaga pengajar dan resident, dan kelengkapan sarana dan prasarana pun sudah terpenuhi; (3) pelaksanaan program peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab di Asrama Mahasiswa (UNIRES) UMY dinilai belum baik, karena tidak efektif dan tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Contohnya, pengembangan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak resident yang enggan menggunakan bahasa Arab. Selain itu, peran SR/ASR dalam peningkatan keterampilan berbahasa Arab pun masih kurang. Banyak dari mereka yang belum dapat menjadi suri tauladan bagi resident atau anggota Usrahnya; (4) hasil juga dinilai belum baik. Walaupun prosentase pembelajaran klasikal sudah baik yaitu sebanyak 87,2%, namun secara praktek belum dapat dikatakan berhasil. Hal ini terbukti dari banyaknya alumni Unires yang belum memiliki keterampilan berbicara bahasa Arab secara aktif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PROGRAM KETERAMPILAN BAHASA ARAB RESIDENT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:56
Last Modified: 14 Jun 2022 07:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16591

Actions (login required)

View Item
View Item