Andi Muhammad Sary Sakti (2020) STRATEGI KAMPANYE PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Strategi kampanye Nasdem akan dianalisa dengan empat indikator teori pemasaran bauran (mix marketing) yang dikenal dengan 4P, yaitu product, price, place, promotion. Dipilihnya Nasdem sebagai obyek kasus dalam penelitian ini karena Nasdem sebagai partai baru dianggap berhasil dalam proses kampanye politik pada Pemilu 2019 dan merupakan partai yang mengalami peningkatan tertinggi dari Pemilu sebelumnya dibanding partai-partai yang lainnya. Ketika sejumlah survei mengatakan Nasdem tidak bakal lolos ambang batas parlemen, kenyataannya partai nasionalis ini bertengger di lima partai besar pada Pemilu 2019. Secara metodologis, artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumentasi terutama dari media massa online. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa dari empat indikator pemasaran bauran yang digunakan oleh Nasdem, indikator price (harga) adalah indikator yang paling mempengaruhi kemenangan Nasdem pada Pemilu 2019, terutama pada harga citra yang disimbolkan pada kekuatan sosok Surya Paloh. Selain itu, citra Nasdem sebagai partai pendukung Capres Petahana Jokowi juga turut mempengaruhi besarnya perolehan suara Nasdem pada Pemilihan Legislatif 2019.
Dosen Pembimbing: | Dr. Phil. RIDHO AL-HAMDI, MA | NIDN0510058503 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 05:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |