FAKTOR - FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DANA PIHAK KETIGA BANK SYARIAH THE FACTORS THAT INFLUENCED TOWARD CUSTOMER SATISFACTION ON DONATION OF INVESTMENT IN SYARIAH BANKING

SUPRIATI (2015) FAKTOR - FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DANA PIHAK KETIGA BANK SYARIAH THE FACTORS THAT INFLUENCED TOWARD CUSTOMER SATISFACTION ON DONATION OF INVESTMENT IN SYARIAH BANKING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Porsi perbankan syariah masih kecil bila dibandingkan dengan perbankan nasional. Namun bila dilihat dari berbagai potensi yang dimiliki industri ini masih akan terus tumbuh dengan pesat. Berbagai pelaku usaha bersaing untuk dapat merebut pasar perbankan syariah dengan cara memuaskan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas layanan, bagi hasil, atribut produk Islam, dan pengungkapan informasi keuangan sebagai variabel independen berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dana pihak ketiga bank syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengujian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 22, metode pengumpulan data berupa kuesioner, yang terdiri dari 100 respoden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) yang terlihat pada nilai adjusted R2 sebesar 0,427 yang berarti bahwa kepuasan nasabah pengaruhnya dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam penelitian ini (kualitas layanan, bagi hasil, atribut produk Islam, dan pengungkapan informasi keuangan) sebesar 42,7%, dan sisanya (100% - 42,7% = 57,3%) dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Berdasarkan hasil Uji F diperoleh nilai F sebesar 11,343 dengan probabilitas tingkat signifikan sebesar 0,000 dimana nilai sig < 0,05. Menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan, bagi hasil, atribut produk Islam, dan pengungkapan informasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial berdasarkan hasil uji t hanya variabel kualitas layanan, bagi hasil, dan pengungkapan informasi keuangan yang berpengaruh positif dan signifikan. pengungkapan informasi keuangan memiliki pengaruh paling tinggi terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan atribut produk Islam tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *217 KEPUASAN NASABAH, KUALITAS LAYANAN, BAGI HASIL, ATRIBUT PRODUK ISLAM, PENGUNGKAPAN INFORMASI KEUANGAN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:11
Last Modified: 17 Jun 2022 01:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item
View Item