Enni Safitri (2020) English Language Education Department Student’s Perception on the Benefit of Joining English for Tourism Class. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mata kuliah Bahasa Inggris untuk pariwisata ditujukan untuk para profesional yang akan menggunakan bahasa asing dalam karir mereka. Salah satu mata kuliah pilihan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta adalah mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata. Peneliti melakukan penelitian persepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tentang manfaat mengikuti kelas Bahasa Inggris untuk Pariwisata. Dua pertanyaan penelitian mendasari penelitian ini. Yaitu apa saja manfaat dan tantangan mengikuti kelas Bahasa Inggris untuk Pariwisata berdasarkan persepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas swasta di Yogyakarta. Metode kualitatif dipilih oleh peneliti dalam melakukan penelitian. Tiga peserta dari angkatan 2016 dan 2017 diwawancarai oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Yaitu, satu orang mahasiswa angkatan 2017 dan dua orang mahasiswi angkatan 2016. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata pada semester genap 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa manfaat mengikuti kelas Bahasa Inggris untuk Pariwisata. Manfaatnya yaitu, memberikan pengetahuan baru, meningkatkan keterampilan berbicara, meningkatkan keterampilan menulis, meningkatkan keterampilan mendengarkan, meningkatkan kosakata baru, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Disisi lain, mereka menghadapi beberapa tantangan dalam mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata seperti kecemasan, kurangnya kosakata, kurangnya keterampilan menulis, masalah teknis, dan menghafal kalimat.
Kata kunci: Persepsi mahasiswa, manfaat, tantangan, Bahasa Inggris untuk Pariwisata
Dosen Pembimbing: | INDAH PUSPAWATI, S.PD., M.A. | NIDN0530097602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:47 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |