Munawaroh (2020) College Teachers English-Indonesia Code-switching in Teaching and Learning Process. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di Indonesia atau di sebagian besar negara Asia yang posisi bahasa Inggrisnya adalah bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pengajaran bahasa Inggris merupakan tantangan besar bagi guru, sehingga banyak guru yang menggunakan alih bahasa sebagai strategi komunikasi untuk mengajar bahasa Inggris di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki mengapa pengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) menggunakan alih bahasa di kelas dan jenis pengalihan bahasa apa yang digunakan oleh guru EFL saat mereka mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Untuk mengumpulkan data, wawancara dan observasi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di Universitas Swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua guru perguruan tinggi Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) yang memiliki pengalaman dalam menggunakan alih bahasa selama proses belajar mengajar. Temuan menunjukkan bahwa ada lima alasan untuk menggunakan alih bahasa dalam pengajaran dan pembelajaran EFL seperti mendiskusikan topik tertentu, pengajaran dan pembelajaran yang efektif, mengelola kelas, membangun hubungan sosial, dan mendorong siswa untuk lebih aktif di dalam kelas. Sedangkan berdasarkan observasi, penelitian ini menemukan bahwa tiga jenis alih bahasa digunakan oleh guru EFL saat mengajar di kelas. Jenis-jenis itu adalah pengalihan tag, pengalihan antar-sentensial, dan pengalihan intra-sentensial
Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, Ph.D | NIDN518047702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |