IX KAWATI (2015) METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD NEGERI TAMBAKROMO I PONJONG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada anjuran untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada dirinya sendiri, keluarga dan orang lain. Selain itu kita harus merenungkan, memahami dan mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang yang belum bisa membaca Al-Qur’an tentunya akan merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membaca ataupun mempelajari Al-Qur’an yang tidak menyulitkaan terutama bagi pemula dan anak-anak. Prinsip pengajaran Al-Qur’an pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak-anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Masalah dari penelitian ini adalah mengenai metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong serta bagaimana pelaksanaan dari metode-metode yang diterapkan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an serta pelaksanaannya di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong. Penelitian ini menggunakan meteode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasai. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo menggunakan metode klasikal, ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Pelaksanaan metode pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang diterapkan di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong secara garis besar sudah berhasil, akan tetapi perlu adanya evaluasi kembali agar metode yang diterapkan bisa berjalan lebih maksimal.
Dosen Pembimbing: | DRS. YUSUF A. HASAN, M.AG | NIDN0526025901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | METODE, PEMBELAJARAN, BACA TULIS AL-QUR’AN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:14 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |