Sukma Ariyanti (2020) PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS (KARET ALAM) SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN ASPAL PADA ASPAL PORUS DENGAN MENGGUNAKAN KADAR LATEKS 0%, 2%, 4%, 6%, DAN 8%. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Aspal adalah bahan hidro karbon yang sifatnya melekat dan digunakan sebagai bahan pengikat pada perkerasan jalan. Aspal porus adalah campuran aspal yang sedang dikembangkan diberbagai negara yang campurannya menggunakan gradasi terbuka (open graded) sehingga terdapat banyak rongga. Rongga udara ini dapat digunakan untuk meloloskan air sehingga tidak terjadi genangan pada permukaan jalan. Genangan air dapat membahayakan pengguna jalan dan dapat mengurangi ketahanan aspal. Modifikasi aspal sangat penting untuk mendapatkan mutu aspal yang baik. Salah satu cara memodifikasinya yakni dengan cara mencampurkan lateks (karet alam) sebagai bahan pengganti sebagian aspal. Lateks (karet alam) sangat mudah didapatkan karena indonesia merupakan salah satu penghasil karet alam terbesar. Pada pengujian ini menggunakan metode Marshall dan Australian Asphalt Pavement Association (AAPA) serta menggunakan bahan tambah lateks (karet alam) sebagai pengganti sebagian kadar aspal. Pengujian ini mendapatkan nilai KAO sebesar 5,75%. Kadar lateks yang digunakan yakni 0%, 2%, 4%, 6%, dan 8%. Kadar Lateks Optimum yang diperoleh sebesar 2% karena telah memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Nilai VIM sebesar 10,45%, nilai stabilitas sebesar 529,72 kg, nilai flow sebesar 4,8 mm, nilai MQ sebesar 109,77 kg/mm, nilai AFD sebesar 0,23%, dan nilai CL sebesar 10,6 %.
Dosen Pembimbing: | ANITA RAHMAWATI, S. T., M. SC | NIDN0512067701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |