PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EFEK ANALGESIK PARASETAMOL DAN IBUPROFEN SETELAH SIRKUMSISI

ROOSVENDA RAHMAH BAHARDINY (2015) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EFEK ANALGESIK PARASETAMOL DAN IBUPROFEN SETELAH SIRKUMSISI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)

Abstract

Sirkumsisi adalah tindakan pengangkatan sebagian / seluruh preputium penis dengan tujuan menghilangkan smegma (kotoran). Tindakan ini merupakan tindakan bedah minor yang paling banyak dikerjakan di seluruh dunia, baik dikerjakan oleh dokter, paramedis, ataupun oleh dukun sunat. Masyarakat mengkhitan anaknya pada usia antara 5-12 tahun. Tahapan penyembuhan luka pasca sirkumsisi ada 3 fase yaitu fase inflamasi, fase proliferasi, dan fase remodelling. Dari ketiga fase penyembuhan tersebut akan menyebabkan nyeri bahkan inflamasi, sehingga perlu diberikan obat-obatan tambahan setelah sirkumsisi seperti antibiotik, analgesik, antiinflamasi, dan vitamin. Contoh obat yang dapat diberikan pada anak pasca sirkumsisi adalah parasetamol dan ibuprofen, karena obat-obat tersebut memiliki efek analgesik, antiinflamasi, bahkan antipiretik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas efek analgesik parasetamol dan ibuprofen setelah sirkumsisi.
Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental untuk mengetahui pengaruh perbedaan ambang nyeri dan durasi efek analgesik pemberian parasetamol dan ibuprofen setelah sirkumsisi. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2014 dalam rangka Khitanan Massal di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul-Yogyakarta-Indonesia. Subyek dalam penelitian ini adalah anak laki-laki yang berusia 5-12 tahun yang mengikuti kegiatan Khitanan Massal, yang memenuhi kriteia inklusi dan eksklusi. Subjek penelitian adalah 2 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 18 anak. Kelompok 1 diberi parasetamol setelah sirkumsisi dan kelompok 2 diberi ibuprofen setelah sirkumsisi. Tingkat nyeri dihitung satu jam setelah perlakuan dan durasi dihitung dari obat diberikan sampai anak sudah merasakan nyeri.
Analisis data menggunakan Mann Whitney test, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu menunjukkan hasil .000 (P value

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *49 SIRKUMSISI, PARASETAMOL, IBUPROFEN, EFEK ANALGESIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:36
Last Modified: 11 Jun 2022 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17508

Actions (login required)

View Item
View Item