PENGARUH OLAHRAGA AEROBIK AKUT DI PAGI HARI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN

DIMAS CAESAR KURNIAWAN (2015) PENGARUH OLAHRAGA AEROBIK AKUT DI PAGI HARI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Olahraga yang mempunyai efek positif pada tubuh manusia adalah
olahraga yang aerobik. Olahraga aerobik membuat aliran darah yang kaya oksigen
dari jantung ke seluruh tubuh menjadi lancar. Waktu yang paling tepat untuk
melakukan olahraga aerobik adalah di pagi hari sebelum beraktifitas. Kebiasaan
berolahraga penting untuk mendukung proses belajar anak dengan meningkatnya
kemampuan berkonsentrasi pada pelajaran sebagai efek positif dari lancarnya
aliran darah yang kaya akan oksigen ke otak. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengkaji pengaruh olahraga aerobik akut di pagi hari terhadap konsentrasi
anak usia 11-12 tahun.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian
experimental. Subjek penelitian ini adalah 72 siswa berusia 11-12 tahun berasal
dari kelas 5 dan 6 SD Kasihan, dibagi menjadi 2 kelompok menggunakan metode
matching sample berdasarkan usia dan jenis kelamin. Kelompok perlakuan diberi
intervensi berupa olahraga aerobik selama 15 menit tanpa berhenti dilanjutkan
istirahat selama 15 menit. Pada tahap pelaksanaan, seluruh subjek penelitian
diberikan tes untuk mengukur atensi visual selektif yang disebut cancellation test.
Independent t-test digunakan untuk menganalisis data.
Hasil penelitian didapatkan rerata skor kelompok perlakuan 17,86 ± 3,47
dan kelompok kontrol 16,50 ± 4,87. Siswa yang diberikan intervensi berupa
olahraga aerobik di pagi hari mendapat skor dari cancellation test lebih baik
dibanding anak yang tidak mendapat intervensi berupa olahraga aerobik di pagi
hari, tetapi hasil penelitian berdasarkan independent t-test, dapat dilihat bahwa
nilai p= 0,177 yang berati bahwa hasilnya tidak bermakna secara statistik.
Kata Kunci: olahraga, konsentrasi belajar, anak 11-12 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *28 OLAHRAGA, KONSENTRASI BELAJAR, ANAK 11-12 TAHUN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 09:21
Last Modified: 09 Jun 2022 09:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17573

Actions (login required)

View Item
View Item