FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL DALAM PROSES PEMILIHAN KEPALA DAERAH LANGSUNG TH 2005

SAFRUDIN (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL DALAM PROSES PEMILIHAN KEPALA DAERAH LANGSUNG TH 2005. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada partisipasi politik masyarakat Kabupaten Bantul dalam proses pemilihan kepala daerah langsung tahun 2005, yaitu: (1) Tingkat pendidikan masyarakat. Tingkat pendidikan masyarakat yang semakin meningkat telah membuka kesadaran berfikir bahwa pola pemilihan kepala daerah langsung adalah lebih baik dibandingkan dengan pola-pola lama. (2) Faktor budaya ketokohan masyarakat. Ada tiga paradigma besar didalamnya yaitu: Figur seorang tokoh yang diperoleh melalui kinerja dan berbagai program populernya. Figur seorang tokoh yang diperoleh melalui kedekatannya dengan masyarakat. Figur atau ketokohan yang diperoleh melalui nama besar. (3) faktor kampanye calon kepala daerah. Ada dua paradigma besar di dalamnya, yaitu: kampanye tanpa didorong dengan Figur seorang tokoh tidak akan memberikan pengaruh yang signifdcan terhadap partisipasi politik masyarakat dalam proses pemilihan kepala daerah langsung. Kampanye hanya dijadikan sebagai alat untuk memantapkan pilihan masyarakat terhadap partisipasi politiknya dalam proses pemilihan kepala daerah langsung. (4) Faktor sosialisasi tentang pemilihan kepala daerah langsung. Ada dua paradigma besar di dalamnya yaitu: Sosialisasi sebagai ajang pengenalan masyarakat terhadap kandidat kepala daerah. Sosialisasi sebagai ajang untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana cara memilih yang benar dalam proses pemilihan kepala daerah langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PILKADA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2022 04:12
Last Modified: 11 Jun 2022 04:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17686

Actions (login required)

View Item
View Item