HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU PERTOLONGAN PERTAMA PENDERITA DEMAM BERDARAH DI KABUPATEN SLEMAN

MUHAMMAD KHOIRUL AMIN (2004) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU PERTOLONGAN PERTAMA PENDERITA DEMAM BERDARAH DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Kejadian luar biasa demam berdarah telah menjadi ancaman kemanusiaan yang dapat menimbulkan dampak berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dari survei pendahuluan di RSUD Sleman masih banyak terdapat penderita demam bcrdarah (95 penderita) dan pengetahuan orang tua tentang demam berdarah masih terbatas pada tanda gejala dan penyebab saja. Keadaan yang lebih parah dapat disebabkan karena kurangnya pertolongan pertama yang diberikan pada penderita..
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua dengan pertolongan pertama pada penderita demam berdarah.
Peneiitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan jumlah responden sebanyak 30 orang tua penderita demam berdarah. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan uji hubungan product moment dari pearson.
Secara statistik diketahui hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pertolongan pertama pada penderita demam bcrdarah dengan nilai p=0.000.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua dengan perilaku pertolongan pertama pada penderita demam berdarah di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN, DEMAM BERDARAH
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:17
Last Modified: 10 Jun 2022 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17761

Actions (login required)

View Item
View Item