FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA SENDANGMULYO KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2014.

AGUNG SATIYA PUTRAJATI (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA SENDANGMULYO KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2014 di Sendangmulyo tidak jauh berbeda dengan Pilkades sebelumnya. Yang membedakan adalah waktu persiapan untuk Pilkades tahun 2014 yang dipercepat. Hal ini karena ada rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri saat itu bahwa tidak boleh ada pemilu selain Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di tahun 2014. Namun di Kabupaten Sleman tetap mengadakan Pemilihan Kepala Desa di beberapa Desa yang masa jabatan Kepala Desanya telah habis, salah satunya di Desa Sendangmulyo. Dipercepatnya waktu untuk persiapan Pilkades tidak mengurangi tingkat partisipasi politik masyarakat Sendangmulyo. Tingkat partisipasi politik masyarakat Sendangmulyo tergolong tinggi. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tinginya partisipasi politik masyarakat Desa Sendangmulyo tahun 2014. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa wawancara serta observasi langsung pada masyarakat, dimulai dari sebelum pemilihan sampai setelah pemilihan. Dan data sekunder berupa dokumentasi yang mendukung. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya partisipasi politik masyarakat Desa Sendangmulyo dalam Pilkades tahun 2014 pertama, adanya perangsang. Faktor ini berkaitan dengan adanya tim sukses dari calon Kepala Desa yang berasal dari tokoh-tokoh masyarakat. Sehingga menimbulkan rasa simpati dari masyarakat. Hal ini melacarkan suara dari masyarakat terhadap calon Kepala Desa. Kedua, karakteristik pribadi seseorang. Faktor ini berkaitan dengan karakter calon Kepala Desa sehingga menimbulkan respon dari masyarakat terhadap calon Kepala Desa tersebut. Masyarakat menilai baik calon-calon yang maju dalam Pemilihan Kepala Desa. Selain itu penilaian masyarakat terhadap calon nomor urut 1 yang merupakan Kepala Desa periode sebelumnya. Ketiga, situasi dan lingkungan politik. Situasi dan lingkungan politik masyarakat Sendangmulyo sangat kondusif. Hal ini tercermin dari partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Desa tahun 2014 dimulai dari sebelum pemilihan, saat pemilihan sampai setelah pemilihan. Masyarakat bebas menyuarakan pendapatnya dan pilihannya. Faktor yang mempengaruhi tingginya partisipasi politik masyarakat Desa Sendangmulyo dalam Pemilihan Kepala Desa Tahun 2014 adalah adanya perangsang, karakteristik pribadi seseorang, serta situasi dan lingkungan politik. paling berpengaruh terhadap partisipasi politik masyarakat desa Sendangmulyo adalah faktor situasi dan lingkungan politik. Situasu dan lingkungan politik masyarakat Sendangmulyo sangata kondusif. Hal ini menimbulkan rasa aman bagi masyarakat untuk menyuarakan pendapat dan pilihannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *114 PARTISIPASI POLITIK - MASYARAKAT DESA - PEMILIHAN KEPALA DESA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:28
Last Modified: 09 Jun 2022 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item
View Item