PROSES PRODUKSI PROGRAM WAYANG TRADISIONAL DI JOGJA TV YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MENGENAI PROSES PRODUKSI PROGRAM WAYANG TRADISONAL YANG DITAYANGKAN DI JOGJA TV YOGYAKARTA)

TRIYANJAYA BAGAS KURNIAWAN (2015) PROSES PRODUKSI PROGRAM WAYANG TRADISIONAL DI JOGJA TV YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MENGENAI PROSES PRODUKSI PROGRAM WAYANG TRADISONAL YANG DITAYANGKAN DI JOGJA TV YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses produksi program wayang tradisional Jogja TV. Dalam dunia pertelevisian proses produksi memang menjadi hal yang sangat menentukan kualitas tayangan sebuah program. Dengan semakin sedikitnya program televisi yang mengangkat budaya lokal maka Jogja TV hadir untuk kembali menghadirkan program budaya agar kembali diminati oleh masyarakat dan tetap lestari tidak tergerus oleh program lain yang bersifat modern.
Alasan yang mendasari penelitian ini karena Jogja TV pada proses produksi salah satu program acara wayang kulit belum banyak menggunakan pengolahan teknologi digital. Akibatnya peneliti melihat banyak kekurangan dalam kualitas tayangan acara tersebut terutama pada kualitas audio visualnya dimana hal ini menyebabkan tayangan menjadi kurang nyaman untuk disaksikan. Dari hal tersebut peneliti ingin melihat lebih jauh bagaimana proses produksi program wayang tradisional tersebut dari pra produksi, proses produksi hingga pasca produksi. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan dan menjadikan pembelajaran untuk pembaca.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data lengkap didapatkan maka selanjutnya dilakukan pengolahan data dan penyajian hasil untuk selanjutnya dilakukan pembahasan sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukkan bahwa dalam proses produksi program acara wayang tradisional Jogja TV sudah melalui beberapa tahap yaitu 1) pra produksi, 2) proses produksi, 3) pasca produksi, hanya saja masih ditemukan beberapa keterbatasan atau kekurangan terutama yang berhubungan dengan peralatan dan personil/ kru sehingga perlu dilakukan perbaikan agar hasil tayangan program wayang tradisonal menjadi lebih baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PROSES PRODUKSI, WAYANG KULIT, JOGJA TV,
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:13
Last Modified: 09 Jun 2022 04:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18002

Actions (login required)

View Item
View Item