IMPLEMENTASI ”EMPOWERING WOMEN THROUGH TECHNOLOGY DISTRIBUTION” SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY EXXONMOBIL INDONESIA 2011-2013

NURRAHMA DEWI ZULAIKHA (2015) IMPLEMENTASI ”EMPOWERING WOMEN THROUGH TECHNOLOGY DISTRIBUTION” SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY EXXONMOBIL INDONESIA 2011-2013. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

*191 ExxonMobil Oil Indonesia (EMOI) telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 100 tahun. Hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia merupakan wilayah penting bagi kegiatan industri perusahaan ExxonMobil Indonesia. ExxonMobil Indonesia melaksanakan program CSR berbasis community development di setiap wilayah operasinya. Pada wilayah operasi Jawa Timur, ExxonMobil Indonesia melaksanakan program Empowering Women through Technology Distribution yaitu program pemberdayaan ekonomi perempuan melalui distribusi produk teknologi tepat guna. Dalam implementasinya ExxonMobil Indonesia bermitra dengan Kopernik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program CSR ExxonMobil Indonesia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kerangka teori yang digunakan adalah corporate sosial responsibility, community development, peran public relations.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif dan analisa secara kualitatif. Lokasi penelitian mengambil tempat di desa Gayam. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur (Structured Interview) dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah analisis kualitatif. Pada penelitian ini uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Empowering Women through Technology Distribution melalui tahapan yaitu Assessment (Perencanaan), Implementasi, Post Survey (Evaluasi), dan Annual Report (Pelaporan) dengan mitra pelaksana program Kopernik. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi adalah kebutuhan masyarakat akan air minum bersih, minat individu perempuan, dan dukungan perusahaan dan badan koordinasi lainnya. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi adalah latar belakang pendidikan, pengetahuan atau mind set masyarakat, dan harga produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *191 IMPLEMENTASI, CSR, EMPOWERING WOMEN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:50
Last Modified: 27 May 2022 03:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item
View Item