REPRESENTASI PATRIARKI DALAM FILM “GRAVITY” (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM FILM “GRAVITY”) REPRESENTATION OF PATRIARCHY IN THE “GRAVITY” MOVIE (SEMIOTIC ANALYSIS OF THE“GRAVITY” MOVIE)

NOVRIZAL ALI (2015) REPRESENTASI PATRIARKI DALAM FILM “GRAVITY” (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM FILM “GRAVITY”) REPRESENTATION OF PATRIARCHY IN THE “GRAVITY” MOVIE (SEMIOTIC ANALYSIS OF THE“GRAVITY” MOVIE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

*159 Hegemoni laki-laki dalam kehidupan dimasyarakat tampaknya sudah menjadi bagian dari sebuah sistem sosial. Dimana laki-laki diposisikan sebagai tokoh yang superioritas dari perempuan di hampir seluruh aspek kehidupan. Hal ini dikarenakan sebuah sistem sosial yang dinamakan dengan patriarki. Pensubordinasian perempuan menjadikan mereka terkurung pada zona domestik. Perempuan juga dianggap sebagai sosok yang lemah dan tidak mampu berbuat banyak di masyarakat.
Penelitian ini berusaha untuk menganaslisa mengenai representasi patriarki dalam film Gravity. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana patriarki digambarkan dalam film ini, serta bagaimana bentuk relasi kuasa laki-laki terhadap perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah; pertama, film Gravity cendrung menggambarkan sosok perempuan sebagai sosok yang lemah, dan butuh perlindungan. Kedua, power yang melekat pada Kowalski memberikan ia kontrol terhadap segala tindakan dari Stone. Ketiga, sifat maskulin yang dimiliki Stone akhirnya membawanya menuju keselamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *159 PATRIARKI, FILM, GRAVITY, SEMIOTIK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:49
Last Modified: 27 May 2022 03:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item
View Item