REPRESENTASI NASIONALISME DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS (ANALISIS WACANA DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS BENTO DAN BONGKAR) REPRESENTATION NASIONALISM IN SONG LYRIC OF IWAN FALS (DISCOURSE ANALYSIS IN SONG

MUHAMMAD HUSNUL JAWAHIR PUHI (2015) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS (ANALISIS WACANA DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS BENTO DAN BONGKAR) REPRESENTATION NASIONALISM IN SONG LYRIC OF IWAN FALS (DISCOURSE ANALYSIS IN SONG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

*135 Skripsi ini menganalisis sebuah lirik lagu Iwan Fals yang berjudul Bento dan Bongkar dari album Swami. Kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap kata Bento sebagai benci Soeharto atau Benteng Tomi, akan tetapi hal tersebut hanya suatu anggapan yang salah. Dikarenakan Iwan Fals sendiri mengatakan kata Bento tersebut berasal dari nama Ayam kesayangannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualaitatif deskriptif. Penelitian dalam lirik lagu Bento dan Bongkar menggunakan analisis wacana kritis yang dimiliki oleh Norman Fairclough dengan menggunakan tiga model analisis yaitu teks sebagai penataan linguistik, praktik wacana sebagai produksi teks dan konsumsi teks, dan praktik sosial budaya sebagai konteks sosial yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat.
Analisis ini terfokus pada kata-kata dan sosial budaya yang mengandung representasi nasionalisme dalam lirik lagu Bento dan Bongkar. Kedua lirik lagu ini mempunyai maksud dan tujuan untuk memberikan suatu gambaran sosial yang tejadi pada jaman orde baru, yang mana pada jaman tersebut banyaknya kasus HAM dan penindasan terhadap masyarakat yang dilakukan oleh para penguasa. Adapun representasi nasionalisme yang terdapat didalam kedua lirik lagu ini adalah menyadarkan para penguasa untuk tidak berbuat sewenang-wenang terhadap masyarakat, dan penguasa harus bertindak adil dalam memimpin suatu kelompok atau Negara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *135 NASIONALISME, IWAN FALS, LIRIK LAGU.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:49
Last Modified: 27 May 2022 03:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item
View Item