DELA SULIS BUNDIARTO (2015) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH INJEKSI UAP AIR PADA SALURAN INTAKE DAN EXHAUST TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 2 LANGKAH 110 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (16kB) |
|
|
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (86kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (97kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (813kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
Abstract
Perkembangan dunia otomotif semakin pesat. Disisi lain dapat menimbulkan efek negatif, yaitu gas buang dari hasil pembakaran bahan bakar yang tidak terbakar sempurna. Gas buang kendaraan menghasilkan unsur CO, NOx, HC, CO2, H2O, NO dan NO2 yang diantaranya bersifat polusi / mencemari lingkungan. Kenyataannya, 70% polusi udara dihasilkan oleh motor bakar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu teknologi yang dapat mengurangi polusi udara dari gas buang kendaraan. Sistem injeksi uap air adalah sistem penginjeksian uap air ke dalam ruang bakar yang bertujuan untuk mengurangi kadar CO, NO dan HC dalam emisi gas buang kendaraan serta melihat sejauh mana efek uap air tersebut terhadap kinerja mesin.
Pengujian ini dilakukan dengan cara melilitkan pipa rem secara spiral, kemudian dimasukkan ke dalam knalpot. Selanjutnya pipa rem tersebut dialiri air, dan air yang terdapat dalam knalpot ini yang nantinya akan menjadi uap air dengan memanfaatkan panas dari knalpot. Penelitian ini dilakukan pada mesin Otto satu silinder yang diinjeksi uap air pada intake manifoldnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada mesin dengan injeksi uap air torsi dan daya lebih tinggi secara keseluruhan dibandingkan mesin standar. Pada kondisi mesin injeksi uap air dapat mengurangi kadar emisi gas buang serta dapat menghemat konsumsi bahan bakar daripada kondisi mesin standar.
| Dosen Pembimbing: | TEDDY NURCAHYADI, S.T.,M.ENG. WAHYUDI, S.T.,M.T. | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | INJEKSI UAP AIR, EMISI GAS BUANG, DAYA , KONSUMSI BAHAN BAKAR, INTAKE MANIFOLD, PIPA REM, MOTOR 2 LANGKAH. |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 27 May 2022 03:48 |
| Last Modified: | 27 May 2022 03:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
