IMPLEMENTATION CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM BANK RAKYAT INDONESIA (CASE STUDY PROGRAME BRI WIRAUSAHA RAKYAT THE UNIVERSITY OF GAJAH MADA 2012-2013 YEAR)

AGUS SUGIHARTO (2015) IMPLEMENTATION CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM BANK RAKYAT INDONESIA (CASE STUDY PROGRAME BRI WIRAUSAHA RAKYAT THE UNIVERSITY OF GAJAH MADA 2012-2013 YEAR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*180 PT. Bank Rakyat Indonesia menerapkan Good Corporate Governance dalam setiap aspek pengelolaan perusahaan, salah satu contohnya adalah Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility merupakan suatu kegiatan perusahaan dimana perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk peduli terhadap permasalahan yang ada di lingkungan perusahaan. Dewasa ini pengangguran merupakan masalah yang dihadapi pemerintah. Sempitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, sementara jumlah penduduk di Indonesia semakin meningkat merupakan penyebab naiknya jumlah pengangguran.
Kerangka teori dalam penelitian ini menggunakan konsep, Ruang lingkup dan prinsip, bentuk-bentuk dan Implementasi corporate social responsibility. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan implementasi program BRI Wirausaha Rakyat merupakan proses kegiatan Corporate Social Responsibility yang cukup produktif dan bermanfaat dalam mengembangkan businnes plan yang direncanakan. Namun totalitas dalam hal perencanaan dan implementasi program harus lebih ditingkatkan oleh pihak perusahaan, P2EB FEB UGM dan penerima manfaat program. Faktor pendukung keberhasilan program adalah adanya dukungan dari pihak Perusahaan, P2EB FEB UGM, dan mahasiswa penerima manfaat program. Faktor penghambat keberlangsungan program adalah kurangnya pematangan konsep bisnis yang direncanakan sehingga pada implementasi program terdapat perubahan kosep bisnis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *180 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), BRI WIRAUSAHA RAKYAT, KEWIRAUSAHAAN.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:10
Last Modified: 30 Dec 2021 04:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item
View Item