TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL : THAHARAH DAN SHOLAT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II

NOVI APRIYATMI M. (2015) TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL : THAHARAH DAN SHOLAT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Perawat sebagai tenaga kesehatan harus mampu memperhatikan status pasien yang bukan hanya makhluk bio-psiko-sosio kultural melainkan juga makhluk spiritual sehingga apabila aspek spiritual tidak terpenuhi maka akan berdampak pada proses kesembuhan pasien. Untuk itu diperlukan peran perawat dalam membimbing dan memenuhi kebutuhan spiritual bagi pasien, khususnya thaharah dan shalat.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan perawat pada pasien rawat inap dalam pemenuhan kebutuhan spiritual : sholat dan thaharah di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.
Metode : Desain penelitian menggunakan deskriptif. Populasi yang digunakan adalah perawat yang bekerja di ruang rawat inap dewasa di PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Pengambilan sampel menggunakan tehnik total sampling dengan total responden sebanyak 62 orang.
Hasil : Hasil analisa univariat didapatkan tingkat pengetahuan perawat pada pasien rawat inap dalam pemenuhan kebutuhan spiritual berada dalam kategori baik yaitu 55 (88,7%), tingkat pengetauan perawat tentang sholat berada dalam kategori baik yaitu 55 (88,7%), tingkat pengetahuan perawat tentang thahatrah berada dalam kategori : sholat dan thaharah berada dalam kategori baik sebanyak 49 orang (79%).
Kesimpulan : Berdasarkan penelitian ini diharapkan perawat mampu memberikan fasilitas kebutuhan spiritual : sholat dan thaharah pada pasien rawat inap, serta dapat memberikan dukungan untuk membantu proses kesembuhan pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *311 SPIRITUAL, SHOLAT, THAHARAH
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 05:07
Last Modified: 30 Dec 2021 05:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18273

Actions (login required)

View Item
View Item