PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN KANKER PAYUDARA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA PADA MAHASISWI DI ASRAMA MAHASISWI UNIVERSITY RESIDENCE (UNIRES) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MAULIDA NURAPIPAH (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN KANKER PAYUDARA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA PADA MAHASISWI DI ASRAMA MAHASISWI UNIVERSITY RESIDENCE (UNIRES) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

*420 Jumlah angka kejadian penyakit kanker payudara di dunia dan di indonesia semakin meningkat. Kanker payudara merupakan penyakit keganasan payudara yang sebagian besar terjadi pada wanita karena dipengaruhi faktor-faktor penyebab dan resiko serta tingkat pengetahuan tentang penyakit kanker payudara. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang kanker payudara terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswi tentang penyakit kanker payudara. Metode: quasi eksperimen dengan rancangan pre-test – post-test untuk menguji pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang kanker payudara terhadap tingkat pengetahuan penyakit kanker payudara. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 64 sampel yaitu 32 untuk kelompok kontrol dan 32 untuk kelompok intervensi yang diberikan pendidikan kesehatan tentang kanker payudara selama 50 menit dengan media power point dan video secara massa. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan CVI dan uji reliabilitas menggunakan KR-20. Data diuji dengan korelasi non parametrik wilcoxon sign rank test dan mann-withney test. Hasil : Hasil data demografi penelitian menunjukkan tingkat usia terbanyak pada responden berusia 18 tahun dan 60% responden sebelumnya pernah mengikuti penyuluhan penyakit kanker payudara. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi pada kelompok intervensi yang signifikan dengan P value = 0,0003. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan pre-test antara kelompok kontrol dan intervensi yang tidak signifikan dengan P value = 0,547, sedangkan tingkat pengetahuan post-test mendapatkan hasil yang signifikan dengan P value = 0,003 dan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada kelompok kontrol didapatkan hasil yang tidak signifikan dengan P value = 0,827. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan kanker payudara terhadap tingkat pengetahuan kanker payudara pada mahasiswi di asrama mahasiswi University Residence (UNIRES) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Saran bagi ilmu keperawatan yaitu untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan pendidikan kesehatan. Bagi peneliti lainnya untuk melakukan penelitian yang longitudinal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *420 PENDIDIKAN KESEHATAN, PENGETAHUAN, KANKER PAYUDARA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:02
Last Modified: 27 May 2022 03:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18343

Actions (login required)

View Item
View Item