PERANCANGAN ULANG PRESSURE VESSEL LP FLARE DRUM TYPE VERTICAL KAPASITAS 6,5 M3, TEKANAN INTERNAL 3,5 BAR, DAN TEMPERATURE 100, DENGAN BANTUAN SOFTWARE COMPRESS 6258

IRVAN NUR HUDA (2015) PERANCANGAN ULANG PRESSURE VESSEL LP FLARE DRUM TYPE VERTICAL KAPASITAS 6,5 M3, TEKANAN INTERNAL 3,5 BAR, DAN TEMPERATURE 100, DENGAN BANTUAN SOFTWARE COMPRESS 6258. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

*130 Bejana tekan adalah suatu wadah atau bejana yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya suatu proses dalam suatu industri. Dalam proses tersebut bejana tekan diperlukan suhu dan tekanan tertentu. Sehingga dalam perancangan bejana tekan membutuhkan ketelitian pada perhitungan ketebalan bejana dan beben-beban yang diterima oleh bejana tekan tersebut. Penelitian ini bertujuan membandingkan perancangan bejana tekan LP Flare Drum tipe vertikal secara perhitungan teoritis (manual) dan menggunakan bantuan software Compress 6258.
Perhitungan secara manual dan bantuan software mengacu pada standar ASME Section VIII Devision I. Perancangan bejana tekan yang dilakuakan adalah komponen-komponen utama bejana tekan tipe vertikal yaitu Shell, Head, Nozzle, dan Support Skirt. Input data software meliputi beban-beban angin, gempa, suhu, dan komponen lainnya yang tersedia pada datasheet yang diperoleh dari Qatar Petroleum Bul Hanine Arab “C” Gas Cap Recycling.
Dari perancangan didapat hasil yang sama antara perhitungan manual dan menggunakan bantuan software Compress 6258 dengan ketebalan shell 0,2 (in), dan head 0,19 (in). Desain yang lain seperti head, nozzle, skirt, hydrotest, seismic load, wind load hasilnya berbeda namun tidak terlalu signifikan. Sehingga desain bejana tekan LP Flare Drum tipe vertikal dapat dikatakan aman dan memenuhi standar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *130 BEJANA TEKAN, VERTIKAL, COMPRESS 6258, MAWP, ASME SECTION VIII DEVISION I
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 09:32
Last Modified: 07 Jun 2022 09:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item
View Item