MADU KELENGKENG (EUPHORIA LONGANA SP) SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF UNTUK PEMUTIHAN GIGI DENGAN TEKNIK HOME BLEACHING

IRENE DWI RAHMAWATI (2015) MADU KELENGKENG (EUPHORIA LONGANA SP) SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF UNTUK PEMUTIHAN GIGI DENGAN TEKNIK HOME BLEACHING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan pasien untuk melakukan perawatan gigi semakin meningkat terutama keinginan pasien untuk mendapatkan warna gigi yang cerah. Perubahan warna gigi (diskolorasi gigi) yang dialami pasien mendorong pasien untuk mencari pilihan perawatan pemutihan gigi diantaranya bleaching. Bahan yang di gunakan untuk bleaching dengan teknik home bleaching adalah karbamid peroksida yang dikenal sebagai urea hidrogen peroksida, bahan tersebut seringkali memberikan efek samping yang dapat mengiritasi mukosa dan hipersensitifitas gigi. Madu kelengkeng (Euphoria Longana Sp) sebagai bahan alternatif alami yang mengandung hidrogen peroksida dapat di gunakan sebagai bahan home bleaching secara aman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui madu kelengkeng (Euphoria Longana Sp) dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk pemutihan gigi dengan teknik home bleaching.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen invivo.Penelitian ini menggunakan teknik home bleaching sehingga penelitian dapat di lakukan di masing-masing tempat tinggal para probandus pada bulan Mei-Juni 2015.
Hasil analisis menggunakan uji pair t-test dengan hasil yang menunjukan signifikansi sebesar 0,003 (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *447 DISKOLORASI GIGI, BAHAN ALTERNATIF PEMUTIHAN GIGI, MADU KELENGKENG.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:53
Last Modified: 07 Jun 2022 05:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18433

Actions (login required)

View Item
View Item