Herman (2020) PENGARUH EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (821kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang : Selama ini beberapa tindakan yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menangani perilaku bullying adalah dengan adanya guru bimbingan konseling. Tetapi tidak semua sekolah yang mempunyai guru bimbingan konseling, dan peran guru bimbingan konseling yang kurang. Sehingga di perlukan tindakan yang lebih serius lagi dalam menangani sikap bullying ini, seperti memberikan edukasi tentang pencegahan bullying, bagaimana cara meningkatkan empati dan manajemen diri, karena faktor tersebut sangat berperan penting dalam penanganan kasus bullying. Setelah di berikan edukasi ini diharapakan siswa mampu mengetahui cara menghindari perilaku bullying sehingga tidak menjadi pelaku maupun korban.
Tujuan : Menganalisis pengaruh edukasi tentang pencegahan bullying pada anak terhadap pengetahuan dan sikap siswa di SD Negeri 2 Mandati II.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan intervensi.
Hasil : terdapat pengaruh edukasi pencegahan bullying terhadap pengetahuan dan sikap siswa dengan nilai p= 0.000 < 0.05.
Kesimpulan : Edukasi pencegahan bullying efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa di SD Negeri 2 Mandati II
Kata kunci : Edukasi, Bullying, Pengetahuan, Sikap
Dosen Pembimbing: | DR. dr. KUSBARYANTO M.KES | NIDN0507086502 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:11 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |