PERAN BADAN INFORMASI DAERAH DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENGELOLA INFORMASI DI DAERAH (STUDI KASUS PADA BADAN INFORMASI DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2005)

ENIEK SULASTRI (2006) PERAN BADAN INFORMASI DAERAH DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENGELOLA INFORMASI DI DAERAH (STUDI KASUS PADA BADAN INFORMASI DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2005). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Karya tulis yang betjudul "Peran Badan Informasi Daerah dalam mengembangkan dan mengelola informasi di Daemh"studi kasus pada Badan Informasi Daerah Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2005". Yang melatar belakangi pengambilan judul adalah adanya kebutuhan masyarakat akan informasi yang actual dan up to date seperti halnya kebutuhan informasi mengenai kebijakan dan kegiatan pemerintah daeratt Untuk mengembanglcan informasi dan mermanfaatkan kemajuan teknolorp intOrmast sena komunikast maka panerintah daerah DIY melaksanakan proses traasformasi sebagai upaya untuk mengembangkan dan menyelenggaralcan pemerintahan ynag berbasis clektronik dalam rangka kualitas pclayanan public. Metode penelitian yang digunakan adalah deslcriptif kulitatif yaitu guna menjelaskan, mengambarkan dan penafslrkan hasil-hasil penelitian ini melalui susunan kata atau kalimat untuk menjawab permasalahan yang diteliti melalui analisis terhadap kegiatan organisasi sesuai tujuan yang dicapai dalam kegiatan dan program yang bersifat pangembangan informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Badan Informasi daerah memegang peranan yang sangat penting sebagai humas pemerintah dacrah yang bertujuan untuk menyebarklaskan, mempublikaslan dan mensosialisasikan suatu program atau kebijakan pada roasyaralcat. Untuk mcnbcrikan pclayanan publik berbasis elektronik BID memberikan pelayanan plaza infommsi sebuah lembaga pelayanan informasi panda DIY rnerupakan wujud kepedulian pemerintahan prnpinci terhadap perkembangan ants informasi dan ada beberapa prneram pengembangan layanan informasi dan penerapannya pada tahun 2005 yang berupaya tnengembangIcan pelayanan lebih baik lagi, adapun program yang sudah disustm dan telah berhasil dlialcsanakan dengan baik. Upaya mempublficasikan hasil kegiatan pemerintah daerah BID melakukan kerjasama dengan piltak pers dan ada program yang telah di laksanakan atau di sebut dengan press reIation, ada tiga kegiatan dalam press relation yaitu kontak pers, new service, program event dan itu bertujuan untuk membina hubungan baik dengan pihak pers karena pers ikut andil besar dalam kegiatan infonnasi. Sesuai dengan program yaog telah di laksanalcan pada tahun 2005 telah dikatakan berhasil adapun falctor yang menentukan yaitu bentuk kerjasama yang dilakukan BID dengan plitak dalam maupun luar instansi pamerintah, proses interaksi hubungan ketja antar karyawan, proses pembagian kerja, pencapaian tujuan dalam hal melalui proses kebijaksanaan, program, kegiatan. Dari hasil penelitian maka saran untuk Badan Informasi Daerah adalah meningkatkan koordinasi antar karyawan, peningkatkan tenaga abli di bidang teknologi kornunilcasi dan informasi, kerjasama perlu di

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INFORMASI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 01:52
Last Modified: 27 May 2022 01:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item
View Item