PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODEL SISTEM INJEKSI MOTOR BENSIN 4-LANGKAH 100 CC

RIFQI ALFA ZULKARNAIN (2015) PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODEL SISTEM INJEKSI MOTOR BENSIN 4-LANGKAH 100 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat, mendorong manusia untuk mempelajari
ilmu pengetahuan dan mengembangkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat. Contohnya pada dunia industri otomotif, berlomba untuk membuat
inovasi-inovasi agar kendaraan menjadi hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
Jenis kendaraan yang awalnya konvensional atau dikenal dengan nama sistem
karburator diubah menggunakan sistem kontrol elektronik yang sekarang dikenal
dengan nama EFI. Akan tetapi sistem injeksi ini adalah teknologi mutakhir yang
masih belum banyak dikuasai oleh kalangan-kalangan yang terkait dengannya
misalkan bengkel-bengkel umum, siswa otomotif dan juga mahasiswa. Perlu adanya
suatu model injeksi yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran sistem
injeksi tersebut. Hal tersebut yang membuat ingin dilakukannya penelitian sistem
injeksi dan pembuatan model sistem injeksi bensin pada motor 4- langkah 100 CC.
Pembuatan model injeksi ini mengunakan sensor proxymity, LM35, sensor
engine oil temperature dan throttle position sensor, mengunakan pengolah data
mikrokontroler Atmega dan mengunakan injektor sebagai aktuatornya. Proses
pengujian model injeksi ini dilakukan dengan cara menstabilkan suhu oli, suhu
intake, bukaan katup dan kecepatan putar.
Hasil yang didapatkan dari model injeksi ini menunjukkan bahwa waktu
konsumsi bahan bakar akan semakin lama atau irit, apabila suhu intake dan oli
semakin tinggi, bukaan katup semakin rendah dan kecepatan putar rendah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *137 EFI, MODEL SISTEM INJEKSI,KONSUMSI BAHAN BAKAR,MOTOR 4-LANGKAH 110 CC, SENSOR PROXIMITY, LM35, ENGINE OIL TEMPERATURE, THROTTLE POSITION SENSOR, INJEKTOR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:39
Last Modified: 04 Jun 2022 03:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item
View Item