ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN RIGHT ISSUE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN DAFTAR EFEK SYARIAH ANTARA TAHUN 2007 SAMPAI DENGAN 2012) SKRIPSI OLEH: RAUSHAN FIKR AL MUJAHID NPM

RAUSHAN FIKR AL MUJAHID (2015) ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN RIGHT ISSUE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN DAFTAR EFEK SYARIAH ANTARA TAHUN 2007 SAMPAI DENGAN 2012) SKRIPSI OLEH: RAUSHAN FIKR AL MUJAHID NPM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Right issue merupakan kegiatan ekonomi yang termasuk ke dalam kegiatan muamalah. Right issue adalah hak untuk memesan saham baru yang akan dikeluarkan oleh emiten, cuma-cuma dan diprioritaskan kepada pemegang saham untuk memesan saham baru. Right issue berperan sebagai salah satu sumber pembiayaan jangka panjang bagi dunia usaha dan sebagai wahana bagi masyarakat permodalan. Selain itu sangat penting dan strategis bagi pembangunan ekonomi negara. Right issue merupakan salah satu cara yang dapat untuk menggerakkan mobilitas dana masyarakat. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan-perusahaan dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang melakukan Right issue pada kurun waktu 2007-2012. Variabel penelitian ini adalah Current Ratio (CR), Debt Ratio (DR), Total Assets Turnover (TAT), Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu teknik sampling yang menghasilkan 32 perusahaan sebagai sampel. Uji-t berpasangan digunakan pada penelitian ini untuk melihat signifikansi perbedaan rata-rata rasio keuangan sebelum dan sesudah right issue. apakah perbedaan yang siginifikan pada kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah right issue demikian sebaliknya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa right issue lebih memberi perbedaan secara signifikan pada kinerja keuangan perusahaan terutama dalam kelima variable yaitu Current Ratio (CR), Debt Ratio (DR), Total Aset Turnover (TAT) , Return On Asset (ROA) , Net Profit Margin (NPM) dan Price Earning Ratio (PER).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EPI 118 RIGHT ISSUE, DAFTAR EFEK SYARIAH (DES), ANALISIS KEUANGAN, CURRENT RATIO (CR), DEBT RATIO (DR), TOTAL ASET TURNOVER (TAT) , RETURN ON ASSET (ROA) , NET PROFIT MARGIN (NPM) DAN PRICE EARNING RATIO (PER).
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:26
Last Modified: 04 Jun 2022 03:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item
View Item