PARADIGMA SOSIALISME RELIGIUS H.O.S TJOKROAMINOTO KORELASINNYA SEBAGAI RESISTENSI ATAS HEGEMONI KAPITALISME DI INDONESIA

SUWARTONO (2007) PARADIGMA SOSIALISME RELIGIUS H.O.S TJOKROAMINOTO KORELASINNYA SEBAGAI RESISTENSI ATAS HEGEMONI KAPITALISME DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Pada prinsipnya gagasan sosialisme Islam ini muncul sebagai bagian dalam pencarian landasan perjuangan atas hegemoni kolonialisme. Tjokroaminoto mcrasa perlu untuk menganalisis ideologi sosialisme yang lebih mendapat tempat dikalangan mustadafin. Menurut Tjokro bahwasanya ajaran sosialisme ini telah ada pada ajaran Islam 13 abad lalu. Dasar dari sosialisme secara Islam adalah kemajuan budi pekerti rakyat dan kemanusiaan dengan karakteristik persamaan, kemerdekaan dan persaudaraan. dan yang terpenting antara pahamnya sosialisme dan Islam adalah sama-sama menentang sistem kapitalisme. Adanya reinIcamasi praktek kolonialisme menjadi neokolonialisme, membuat gagasan Tjokroaminoto ini dapat dijadikan motivator perlawanan. Praktek neokolonialisme yang terjadi scat ini merupakan bagian dari kerangka kapitalisme lanjut yang disebut neoliberalisme. Sistem ini digerakkan oleh korporasi-korporasi muitinasional yang didukung oleh modal, teknologi, informasi dan kebijakan global yang mayoritas berm( dari negara-negara maju. Negara kemudian hanya menjadi ruang, sebuah alat guna membangun simbiosis antara pelaku bisnis (kapitalis) dengan elite dan birokrat negara yang cenderung mengabaikan nasib rakyat, bahkan menindas hak-hak rakyat, serta mengabaikan kelangsungan sistem ekologi. Pasca orde bare wacana sosialisme Islam kembali menghiasi berbagai bentuk upaya menentang hegemoni tersebut, baik melalui pemikiran maupun pergerakan. Untuk menjadikan sosialisme Islam ini berkorelasi dalam melawan hegemoni neokolonialisme, malca pemikiran sosialisme Islam ini hams diformat dalam konteks jaman sekarang untuk dijadikan landasan pergerakan melalui tahap afiliasi, partisipasi dan kontribusi. Melalui tahapan ini diharapkan mencul pemimpin altematif yang kuat secara pribadi, sosial dan profesionalitas yang akan membawa bangsa ini keluar dad krisis multidimensi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: H.O.S TJOKROAMINOT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:20
Last Modified: 04 Jun 2022 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item
View Item