ANALISIS PENGARUH OPTIMALISASI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA MURABAHAH PRODUKTIF BPRS BDW YOGYAKARTA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM

SARTINA (2015) ANALISIS PENGARUH OPTIMALISASI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA MURABAHAH PRODUKTIF BPRS BDW YOGYAKARTA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

*92 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengawasan dan pembinaan, serta strategi dan kebijakan yang diberikan BPRS BDW Yogyakarta terhadap perkembangan UMKM. Hipotesis dalam penelitian ini ada tiga, yaitu : 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pengawasan dan pembinaan terhadap perkembangan UMKM. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara strategi dan kebijakan terhadap perkembangan UMKM. 3) Pengawasan dan pembinaan, serta strategi dan kebijakan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM.
Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 nasabah pembiayaan modal kerja murabahah produktif. Tekhnik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan tehnik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala pengawasan dan pembinaan, strategi dan kebijakan dan perkembangan UMKM. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16.00 For Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara pengawasan dan pembinaan terhadap perkembangan UMKM. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara strategi dan kebijakan terhadap perkembangan UMKM. 3) Pengawasan dan pembinaan, serta strategi dan kebijakan yang diberikan BPRS BDW Yogyakarta secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap perkembngan UMKM. Pengawasan dan pembinaan, serta strategi dan kebijakan berpengaruh terhadap perkembangan UMKM sebesar 84% yang ditunjukkan R Square = 0.843.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EPI 92 PENGAWASAN DAN PEMBINAAN, SERTA STRATEGI DAN KEBIJAKAN, PERKEMBANGAN UMKM.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:50
Last Modified: 28 May 2022 02:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item
View Item