ILMI UCI MARWATI (2015) METODE INOVATIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI PLEMBUTAN ASRI WIYOKO, PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar ada beberapa unsur penting yang menunjang pembelajaran yaitu diantaranya metode pembelajaran. Metode pembelaaran merupaka cara guru untuk menyanpaikan materinya yang bertujuan agar siswa lebih lebih tertarik untuk memperhatikan karena menggunakan metode yang dipilih guru dan tentunya sesuai dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Metode yang digunakan guru PAI di SD Negeri Plembutan Asri. 2) Pertimbangan pemilihan penggunaan metode dalam penyanpaiaan pembelajaran. 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran.
Data peneliti dikumpulkan dengan cara wawancana, observasi, dan dokomentasi. Sedangkan analisis datanya peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Dimana peneliti mengumulkan data dan menganalisisnya lebih bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru PAI sangatlah bervariasi dan ada banyak metode yang digunakan. Dalam pemilihan metode juga menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, alat/ media, serta kemampuan guru. Penggunaan metode pembelajaran menyesuaikan dengan materi yang sedang disampaikan, yang tentunya ada persiapan yang matang sebelum pembelajaran dilaksanakan. Guru PAI dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Metode menyesuaikan materi, bukan materi menyesuaikan metode. Setiap metode pembelajaran mempunyai kendala yang berbeda-beda. Seperti kurangnya ketersediaan media/ alat pembelajaran, beragamnya kemampuan siswa, serta keterbatasan kemampuan guru.
Dosen Pembimbing: | GHOFFAR ISMAIL, S. AG. MA | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | *104 METODE, PEMBELAJARAN, DAN PENDIDIKAN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 28 May 2022 02:56 |
Last Modified: | 28 May 2022 02:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |