PENGARUH RASIO CAMEL, FINANCIAL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2011-2014

NUR FATIMAH (2015) PENGARUH RASIO CAMEL, FINANCIAL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2011-2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bank mempunyai konflik keagenan yang lebih multidimensi dibandingkan sektor industri lainnya. Konflik yang terjadi dalam industry perbankan diantaranya konflik keagenan atara manajer (agent) dengan pemilik (principal), regulator dengan pemilik bank, antara agent dengan kreditur (debholder) dan terakhir antara bank dengan penyimpan dana. Manajemen laba merupakan salah satu sikap manipulasi atau kecurangan yang terjadi akibat adanya konflik keagenan dan asimetri informasi. Tindakan manajemen laba umumnya ditemukan dalam pencatatan laporan keuangan dan hal ini dapat terjadi pada lembaga keuangan perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya praktik manajemen laba pada bank umum syariah dengan menggunkan rasio CAMEL, Financial leverage dan Ukuran Perusahaan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan annual report bank umum syariah yang dipublikasikan oleh masing-masing bank selama tahun 2011-2014. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Modified Jones Model. Model tersebut digunakan untuk mengukur Discretionary Accrual yang merupakan proksi dari pengukuran manajemen laba. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda.
Hasil Penelitian menunjukan bahhwa terdapat satu variabel yaitu CAR yang mempengaruhi manajemen laba akan tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan, sedangkan variabel lain yang digunakan yaitu ROA, NPF, FDR, Financial leverage dan Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba di bank umum syariah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sharia banks, profit management, discretionary accrual, CAMEL ratio, financial leverage, company size
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:26
Last Modified: 07 Feb 2024 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item
View Item