IKHWAN SUJIYANTO (2015) ANALISIS SEDIMENT DELIVERY RATIO PADA DAERAH TANGKAPAN AIR WADUK SERMO BERDASARKAN PENGARUH KARAKTERISTIK LUAS DAERAH TANGKAPAN AIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.docx
Download (63kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.docx
Download (1MB)
Abstract
*101 Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mengetahui peran kepala sekolah dalam pembinaan Taman Pendidikan Al Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Godean.(2) Untuk mengetahui kemampuan baca Iqra’ dan Al-qur’an peserta didik setelah adanya pembinaan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Peran kepala sekolah dalam pembinaan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean adalah sebagai manager, leader, supervisor, administrator dan pendidik. Dalam peran-peran ini yang paling sering dilakukan bapak kepala sekolah dalam pembinaan TPA adalah peran sebagai supervisor. Hal ini terlihat sesuai hasil penelitian berkaitan dengan peran kepala sekolah berikut : (a). sebagai manager kepala sekolah menggerakkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan TPA yang bertujuan untuk membentuk tingkah laku siswa berakhlak mulia, menjadikan generasi siswa agar membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. (b). sebagai leader kepala sekolah memberikan kebijakan yang arif bagi kegiatan proses TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean. (c). sebagai supervisor : selalu mengadakan peninjauan langsung terhadap proses kegiatan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean seperti : Tahsinul Qur’an, Iqra’, Al-qur’an, Tartil dan Qiro’ah bagi yang sudah lancar membaca Al-qur’an. (d). sebagai administrator disini sifatnya hanya membantu dan mengarahkan dalam penyusunan program TPA baik dilihat dari segi perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan, dan pengawasan. (e). sebagai pendidik : mendidik guru dan karyawan dengan maksud meningkatkan kualitas pendidik untuk menunjang kegiatan TPA dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur’an melalui kegitan Tahsinul Qur’an. (2).Kemampuan membaca Iqra’ dan Al-qur’an dapat dilihat dalam kartu prestasi peserta didik. Kartu prestasi dipergunakan untuk melihat perkembangan kemampuan siswa. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian terdapat 138 siswa (45,85%) iqra’ dan Al-qur’an yang mendapat nilai A, sedangkan 83 siswa (27,57%) mendapat nilai B, dan 80 siswa (26,58%) mendapat nilai C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah diadakannya TPA kemampuan membaca iqra’ dan Al-qur’an siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean kelas VII dan kelas VIII rata-rata mendapat nilai A
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI *101 PERAN, KEPALA SEKOLAH, PEMBINAAN, TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 28 May 2022 02:01 |
Last Modified: | 28 May 2022 02:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18948 |