TANZIE UMIRA (2015) JOGJA BERHENTI NYAMAN (REPRESENTASI JOGJA BERHENTI NYAMAN DALAM PAMERAN FOTO JURNALISTIK “JOGJA BERHENTI NYAMAN” KARYA PEWARTA FOTO INDONESIA YOGYAKARTA 2013). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (191kB)
Abstract.pdf
Download (246kB)
Bab I.pdf
Download (598kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (169kB)
Abstract
*290 Penelitian ini berusaha menganalisis tentang representasi “Jogja Berhenti Nyaman” yang tersaji dalam pameran fotografi Jogja Berhenti Nyaman. Pameran fotografi ini diselenggarakan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta yang di ketuai oleh Pamungkas WS. Foto-foto yang tersaji dalam pameran tersebut menggambarkan serta merefleksikan realitas yang terjadi di Yogyakarta. Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta sebagai salah satu perekam jejak visual liputan berita foto pada peristiwa besar atau kecil di seluruh penjuru D.I. Yogyakarta mencoba memberitahukan kepada khalayak bagaimana keadaan Kota yang memiliki slogan “Berhati Nyaman” ini melalui sebuah karya fotografi yang kemudian di tampilkan dalam pameran foto jurnalistik “Jogja Berhenti Nyaman” tahun 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis tanda yang mengarah pada simbol-simbol berhenti nyaman yang ada pada karya foto jurnalistik dalam pameran foto jurnalistik “Jogja Berhenti Nyaman” tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika yang bersifat kualitatif yang dikembangkan oleh pemikir asal Perancis, Roland Barthes. Dengan memperhatikan dan menjelaskan pada tanda-tanda yang terdapat dalam karya pameran foto jurnalistik “Jogja Berhenti Nyaman”.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol-simbol yang berhubungan dengan ketidaknyamanan masyarakat yang berada di Yogyakarta membuat isu berhenti nyaman semakin kuat. Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta yang juga memiliki sebagai kontrol sosial terhadap masyarakat yang ada di dalamnya ingin menyampaikan pesan bahwa Yogyakarta (memang) telah berubah melalui karya seni fotografi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *290 SEMIOTIKA, REPRESENTASI, YOGYAKARTA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 03:33 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 03:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19103 |