PERSEPSI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA TERHADAP KEPUASAN PENANGANAN SAMPAH DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS DI DUSUN TUKANGAN, TEGALPANGGUNG, DANUREJAN, KOTA YOGYAKARTA, DIY TAHUN 2014)

ISMAIL (2015) PERSEPSI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA TERHADAP KEPUASAN PENANGANAN SAMPAH DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS DI DUSUN TUKANGAN, TEGALPANGGUNG, DANUREJAN, KOTA YOGYAKARTA, DIY TAHUN 2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

*258 Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara di
dunia. Tidak hanya di Negara-negara berkembang, tetapi juga di Negaranegara maju, sampah selalu menjadi masalah. Rata-rata setiap harinya kotakota besar di Indonesia menghasilkan puluhan ton sampah. Sampah-sampah itu diangkut oleh truk-truk khusus dan dibuang atau ditumpuk begitu saja di tempat yang sudah disediakan tanpa ada pengolahan lagi. Dari hari ke hari sampah itu terus menumpuk dan terjadilah bukit sampah seperti yang sering kita lihat. Secara teoritik, se-Yogyakarta untuk mengatasi persoalan sampah mengharuskan dilakukannya pergeseran pendekatan dari pendekatan ujung-pipa (end-pipe of solution) ke pendekatan sumber. Dengan pendekatan sumber, maka sampah ditangani pada hulu sebelum sampah itu sampai ke tempat pengolahan akhir (hilir). Pada prinsipnya, pendekatan sumber menghendaki dikuranginya produk sampah yang akan dikirim ke tempat pengolahan akhir. Cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi sampah antara lain pemilahan sampah dan penerapan prinsip 3R(Reduce, Reuse, Recycle)atau pengurangan, penggunaan kembali dan mendaur ulang sampah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *258 PERSEPSI MASYARAKAT, YOGYAKARTA, SAMPAH,
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 07:43
Last Modified: 24 May 2022 07:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item
View Item