KECENDERUNGAN ADEGAN PENYIMPANGAN SOSIAL DALAM FILM-FILM ANAK INDONESIA (ANALISIS ISI PENYIMPANGAN SOSIAL DI FILM-FILM ANAK YANG DISUTRADARAI OLEH ARI SIHASALE)

KURDY DANU LAKSANA (2015) KECENDERUNGAN ADEGAN PENYIMPANGAN SOSIAL DALAM FILM-FILM ANAK INDONESIA (ANALISIS ISI PENYIMPANGAN SOSIAL DI FILM-FILM ANAK YANG DISUTRADARAI OLEH ARI SIHASALE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*323 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan perilaku penyimpangan sosial yang dimunculkan dalam adegan film-film ber-genre anak karya sutradara asal Indonesia, Ari Sihasale. Untuk memunculkan perilaku-perilaku menyimpang yang terkandung di dalam film-film yang diteliti, digunakanlah pembagian norma di dalam masyarakat yang dikemukakan Schaefer, yakni Informal Norms dan Formal Norms. Total 6 film yang telah disutradarai oleh Ari Sihasale, namun 2 film tidak dapat diteliti karena peredarannya yang masih terbatas.
Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif untuk menemukan data-data yang dapat dijadikan patokan mengenai kecenderungan adegan perilaku menyimpang yang dimunculkan dalam film-film tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi yakni dengan cara mengadakan pengamatan dan pencatatan secara langsung pada film anak yang disutradarai Ari Sihasale berdasarkan kategori-kategori yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *323 ANALISIS ISI, FILM ANAK INDONESIA, PENYIMPANGAN SOSIAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 06:24
Last Modified: 24 May 2022 06:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item
View Item