SUTARNI DJUFRI HI. ABU (2015) KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (885kB) |
|
|
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (9kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (198kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (590kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
Abstract
Rumah Sakit Nur Hidayah merupakan salah satu Rumah Sakit Swasta di Kabupaten Bantul. Perkembangan jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah dari waktu ke waktu meningkat sangat signifikan. Adanya peningkatan ini perlu dikaji secara mendalam, apakah kualitas pelayanan yang diberikan memberikan dampak pada kepuasan pasien dan pada terbentuknya loyalitas pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien, dan sekaligus ingin mengetahui peran kepuasan pasien sebagai variabel mediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul.
Jenis penelitian ini adalah bersifat kuantitatif dengan rancangan penelitian tanpa perlakuan (observasional) analitik melalui pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien yang melakukan kunjungan ulang di layanan rawat jalan Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Dalam penelitian ini digunakan 100 sampel. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Selain itu, kepuasan pasien menjadi mediator pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas pasien. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PASIEN, LOYALITAS PASIEN |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 24 May 2022 01:57 |
| Last Modified: | 24 May 2022 01:57 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
