EVALUASI KESIAPAN RUMAH SAKIT YANG TELAH TERAKREDITASI 5 PELAYANAN TERHADAP PEMENUHAN STANDAR PATIENT SAFETY AKREDITASI VERSI 2012 (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II)

NIKEN DWI SETYANINGRUM (2015) EVALUASI KESIAPAN RUMAH SAKIT YANG TELAH TERAKREDITASI 5 PELAYANAN TERHADAP PEMENUHAN STANDAR PATIENT SAFETY AKREDITASI VERSI 2012 (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)

Abstract

Latar Belakang : Peningkatan mutu pelayanan rumah sakit semakin diperlukan sejalan dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat akan haknya sebagai penerima jasa pelayanan. Di Indonesia, akreditasi rumah sakit yang berlaku saat ini mengacu pada International Principles for Healthcare Standards dan Joint Commission International Accreditation Standards (versi 2012).Semua RS baik yang telah terakreditasi versi lama maupun yang belum, diwajibkan mengikuti standar akreditasi versi 2012 ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II yang telah lulus akreditas RS versi lama dalam pencapaian skor standar akreditasi versi 2012, khususnya pada standar Sasaran Keselamatan Pasien (SKP).
Metode :Penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian observasional deskriptif. Subjek penelitian adalah manajemen rumah sakit, staf pelaksana rumah sakit dan pasien. Jumlah sampel 32 orang. Analisis data dengan content analysis yaitu pengumpulan data, koding data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
HasildanPembahasan :Pelaksanaan 6 sasaran keselamatan pasien dalam persiapan akreditasi rumah sakit versi 2012 sebesar 50,54%. Nilai terendah pada sasaran pengurangan risiko pasien jatuh yaitu sebesar 33,33%. Kendala yang dihadapi dalam pemenuhan standar SKP adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) akan pentingnya keselamatan pasien, kurangnya penerapan kebijakan dan SOP, fasilitas belum lengkap, belum ada sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan pemenuhan Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) oleh pihak manajemen.
Kesimpulan :Meskipun RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II telah dinyatakan lulus akreditasi versi lama (5 pelayanan) tetapi pencapaian nilai pada akreditasi rumah sakit versi 2012 pada standar SKP masih jauh dari skor minimal (80%). Rekomendasi yang perlu dilakukan antara lain pihak manajemen melakukan pelatihan secara berkala dan melakukan evaluasi secara rutin terhadap produk kebijakan dan SPO.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hospital accreditation 2012 version, patient safety goals, hospital preparedness
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 May 2022 05:51
Last Modified: 03 Feb 2024 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19737

Actions (login required)

View Item
View Item