ANALISIS DATA SEISMIK GELOMBANG PERMUKAAN PADA PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MMETODE SASW (SPECTRAL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI JALAN PRAMBANAN-PAKEM

GENTUR HANIF AKBAR (2005) ANALISIS DATA SEISMIK GELOMBANG PERMUKAAN PADA PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MMETODE SASW (SPECTRAL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI JALAN PRAMBANAN-PAKEM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Sarana transportasi dengan menggunakan perkerasan lentur ijlexible pavement) di Indonesia banyak yang belum dievaluasi kelcuatan s-trukturnya,salah satu penyebabnya adalah evaluasi struktur yang bersifat merusak (destructive testing) Metode Spectrum analysis ofSurface wafe (SAS119 merupakan salah satu pengujian di lapangan yang tidak merusak (non destructive testing), cepat, akurat dan ekonomis yang sedang dikembangkan penggunaannya dalam memperkirakan dan menilai kekuatan szzatu struktur. Metode ini dibangun berdasarkan sifat perambatan gelombang Rayleigh pada media yang berlapis. Berdasarkan sifat dari gelombang tersebut, SASW berpotensi untuk menentukan kapasitas beban dan penilaian lcualitas sualu struktur yang berlapis seperti strulaur perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kecepatan gelombang geser dan mochdus elastisitas perkerasan jalan menggunakan mesode SASW pada jalan lama, jalan baru dan jalan yang telah dioverlay. Metode SASW mengandung tiga bagian utama yaitu pengambilan data di lapangan, analisis data spektrum untuk pembuatan kurva dispersi kecepatan gelombang Rayleigh terhadap panjang gelombang, dan proses inversi untuk membentuk kurva kecepatan gelombang geser terhadap kedalamannya. Modulus elastik dinamik bahan perkerasan jalan ditentukan dengan hubungan Icecepatan gelombang geser, berat volume bahan perkerasan dan angka poison. Hasil yang diperoleh dari analisis menunjukan bahwa nilai kecepatan gelombang geser pada lapisan perkerasan lentur (aspal) adalah 976,424 m/s dan modulus elastisitasnya sebesar 6442,128 MPa. Ketebalan rata-rata aspal yang diperoleh dari metode SASW adalah 0,12034 rn. Kecepatan gelombang geser pada lapisan base adalah 357,2500 m/s, modulus elastisnya 921,577MPa dan ketebalan rata-ratanya adalah 0,377750 m. Pada lapisan subgrade kecepatan gelombang gthernya adalah 179,8817 m/s, modulus elas►isnya adalah 208,7247

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GELOMBANG PERMUKAAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:29
Last Modified: 30 Mar 2022 02:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item
View Item