EVALUASI MUTU REKAM MEDIS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA : STUDI KASUS PADA PASIEN SECTIO CAESARIA

HAFID UTAMA (2015) EVALUASI MUTU REKAM MEDIS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA : STUDI KASUS PADA PASIEN SECTIO CAESARIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Latar belakang: Pelayanan kesehatan pada pasien yang datang berobat tidak dapat ditangani oleh satu orang saja. Karena dibutuhkan sarana komunikasi sebagai sumber informasi pasien yang disimpan secara sistematik. Rekam medik merupakan salah satu sumber inforrmasi sekaligus sarana komunikasi yang dibutuhkan dalam pelayanan medik maupun kegiatan administratif di rumah sakit. Namun demikian, pengelolaan rekam medis sejauh ini masih terkendala rendahnya mutu rekam medis. Beberapa studi mengungkapkan ketidaklengkapan dokumen rekam medis, tulisan dokter yang sulit terbaca dan pengelolaan yang terkesan seadanya. Begitu juga di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dimana pengelolaan rekam medis ada kendala antara lain kurang lengkapnya dokter dalam pengisisan rekam medis.
MetodePenelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripti fkualitatif dengan rancangan studi kasus. Subyek penelitian adalah dokter, Manajer pengendalian mutu rekam medis, dan supervisor pengolahan data di unit rekam medis. Data diambil dengan cara observasi, cek dokumen rekam medis, wawancara mendalam kepada subyek penelitian.
HasilPenelitian : Kelengkapan rekam medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Sudah > 75% dari kelengkapan pengisian dokumen rekam medis. Data yang dicatat akurat, Pengembalian berkas rekam medis tepat waktu, sudah adanya SOP pengisian rekam medis, kompleksitas format rekam medis, kurang maksimal pengorganisasian rekam medis, sudah ada prosedur penyimpanan, pemusnahan dan kerahasiaan di unit rekam medis, dan kurang maksimalnya pembinaan dan pengawasan dari pihak manajemen Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Kesimpulan : Mutu Rekam Medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta sudah baik, ada beberapa kelebihan yaitu sudah adanya SOP yang dijadikan standar dalam pengisian rekam medis, sudah maksimalnya upaya penyimpanan, pemusnahan dan kerahasiaan rekam medis,namun ada beberapa kendala diantaranya keterbatasan waktu pengisian rekam medis, kurang maksimalnya upaya pengorganisasian, dan kurang maksimalnya pembinaan dan pengawasan dari pihak manajemen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MUTU REKAM MEDIS, PENGELOLAAN REKAM MEDIS, KELENGKAPAN REKAM MEDIS
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 08:42
Last Modified: 22 Feb 2022 08:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20302

Actions (login required)

View Item
View Item