ANALISIS INDIKATOR AREA KLINIS DALAM MEMENUHI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT VERSI 2012 RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II

B. RENNY YULIANTI SARI (2015) ANALISIS INDIKATOR AREA KLINIS DALAM MEMENUHI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT VERSI 2012 RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat, dalam upaya peningkatan mutu layanan rumah sakit diwajibkan mengikuti akreditasi yang dilakukan oleh suatu lembaga independen. Indikator area klinis adalah salah satu standar dalam bab Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) merupakan mayor standar dalam standar akreditasi rumah sakit versi 2012, dengan nilai pencapaian minimum 80%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian indikator area klinis dalam memenuhi standar akreditasi rumah sakit versi 2012 di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah manajemen rumah sakit dan staf pelaksana rumah sakit. Sedangkan, objek penelitian adalah indikator kunci dari indikator area klinis di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.
Hasil Penelitian : RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II mendapatkan nilai 40 dari total nilai maksimal 60 untuk bukti implementasi pada bidang indikator area klinis dan menghasilkan nilai prosentase sebesar 66,7%. Untuk kelengkapan dokumen pada bidang indikator area klinis mendapatkan nilai 50 dari total nilai maksimal 60 dan menghasilkan nilai prosentase sebesar 83,3%.
Kesimpulan : Berdasarkan perhitungan sesuai intrumen akreditasi versi 2012, rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II dikatakan belum siap mencapai kelulusan dalam akreditasi rumah sakit untuk indikator area klinis karena mendapatkan nilai < 80% dalam pemenuhan standar areditasi untuk telusur implementasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INDIKATOR AREA KLINIS, PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN, AKREDITASI RUMAH SAKIT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:01
Last Modified: 24 Feb 2022 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item
View Item