STUDI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA SLING PUMP JENIS KERUCUT DENGAN VARIASI PENCELUPAN DAN JUMLAH INLET PADA SLING PUMP MEMAKAI LILITAN SELANG PLASTIK MENGGUNAKAN REDESAIN MANIFOLD

RIZKY IRMANSYAH (2015) STUDI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA SLING PUMP JENIS KERUCUT DENGAN VARIASI PENCELUPAN DAN JUMLAH INLET PADA SLING PUMP MEMAKAI LILITAN SELANG PLASTIK MENGGUNAKAN REDESAIN MANIFOLD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

*212 Sling pump adalah alat yang digunakan untuk mengalirkan air dari sungai ke tempat yang lebih tinggi menggunakan aliran energi sungai. Dewasa ini sedang digalakkan penggunaan energi terbarukan sehingga penelitian tentang sling pump menarik dilakukan. Beberapa penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa salah satu penyebab rendahnya debit keluaran adalah konstruksi manifold dimana air tidak mengalir dengan bebas saat melewati manifold. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi eksperimental unjuk kerja sling pump jenis kerucut menggunakan manifold hasil desain yang baru.
Penelitian ini dilakukan menggunakan sling pump jenis kerucut dengan selang plastik diameter 3/4”, 4 jumlah lilitan, variasi pencelupan sling pump 50%, 60%, 70% 80%, dan 90%, jumlah inlet 1, 2, 3 dan 4, panjang pipa dilevery 6 m dengan ketinggian delivery adalah 50 cm, putaran motor konstan 40 rpm. Sling pump yang digunakan skala laboratorium serta penggunaan motor listrik sebagai penggerak utama yang digunakan.Perbandingan ini dilakukan untuk mengetahui penelitian saat ini terhadap penelitian Efendi (2015).
Dari hasil penelitian Efendi (2015) menggunakan 1-4 inlet, 40 rpm, dan variasi persentase pencelupan 50%-90% menghasilkan debit sebesar 14,87 liter/menit. Sedangkan penelitian saat ini dengan menggunakan hasil desain manifold baru dan menggunakan variasi yang sama menghasilkan debit yang lebih rendah sebesar 12,12 liter/menit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *212 SLING PUMP, REDESAIN MANIFOLD, VARIASI KONDISI PENCELUPAN, VARIASI INLET, VARIASI DELIVERY
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:40
Last Modified: 22 Feb 2022 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item
View Item