EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

SUSILO SETIAWAN (2015) EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Antibiotik merupakan obat yang paling banyak digunakan pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan kualitas penggunaan atibiotik diberbagai bagian rumah sakit di Indonesia ditemukan 30% sampai dengan 80% tidak didasarkan pada indikasi. Di rumah sakit, penggunaan antibiotik yang tidak perlu atau berlebihan mendorong berkembangnya resistensi dan multipel resistensi bakteri tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi rasionalitas penggunaan antibiotik di bagian penyakit dalam di RSU PKU Muhammadiyah Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah 282 rekam medis pasien rawat inap periode 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2012 yang mendapatkan antibiotik dan diambil secara simple random sampling.
Evaluasi kualitatif dengan metode gyssens mendapatkan bahwa penggunaan antibiotik yang rasional atau kategori 0 sebesar 23,36% dan penggunaan antibiotik yang tidak rasional atau kategori I-V sebesar 76, 64%, yang terdiri dari: kategori IIa (antibiotik tidak tepat dosis) sebesar 0,52%, kategori IIb (antibiotik tidak tepat interval waktu pemberian) sebesar 21%, kategori IIIb (pemberian antibiotik terlalu singkat) sebesar 9,71%, kategori IVa (ada antibiotik yang lebih efektif) sebesar 10,76%, kategori IVc (ada antibiotik yang lebih murah) sebesar 12,86% ,dan kategori V (tidak tepat indikasi) sebesar 21,78%. Antibiotik yang paling banyak digunakan sebagai terapi adalah ceftriaxone yaitu sebesar 43,57%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ANTIBIOTIK, RASIONALITAS, KATEGORI GYSSENS
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:24
Last Modified: 22 Feb 2022 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20479

Actions (login required)

View Item
View Item