Sunarti (2020) NON ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS' VIEW ON ENGLISH ESSAY WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
Abstract
Menulis esai bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan non-Inggris di satu universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa departemen non-Inggris dalam penulisan esai bahasa Inggris termasuk kesulitan dan strategi penulisan esai bahasa Inggris. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pelatihan Bahasa (LTC) departemen Hubungan Internasional di satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat siswa; tiga perempuan dan satu siswa laki-laki dari siswa Hubungan Internasional kelas 2018. Peneliti melakukan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang pandangan mahasiswa departemen non-Inggris dalam penulisan esai bahasa Inggris berdasarkan pengalaman peserta. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam proses penulisan. Kesulitan menulis esai bahasa Inggris adalah kurangnya tata bahasa dan pengetahuan struktur, pengetahuan kosakata yang terbatas dan kesulitan dalam menentukan topik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan beberapa strategi dalam penulisan esai bahasa Inggris. Mereka menggunakan kamus, berkonsultasi dengan dosen, menyusun, membaca beberapa buku, dan menerjemahkan bahasa pertama dalam bahasa Inggris.
Dosen Pembimbing: | ARIFAH MARWDININGRUM S.Pd., M.A. | NIDN0514048003 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |