Nadya Putri Indriani (2020) PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN ONLINE GAME TERHADAP KETEPATAN SELECTIVE ATTENTION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
Pemain online game di dunia pada tahun 2017 telah mencapai sebanyak 2.2 miliar pengguna aktif. Banyak orang yang menjadikan game sebagai hobi maupun pekerjaan. Akhirnya membuat pemain menatap layar dan fokus terhadap permainan selama berjam-jam. Akibat dari terlalu fokusnya seseorang dalam bermain, pemain menjadi kurang dapat menerima rangsangan yang diberikan oleh sekitarnya, keadaan ini membutuhkan selective attention, rangsangan yang masuk diseleksi untuk mengurangi dampak dari informasi yang menganggu, sehingga dapat fokus kepada suatu hal.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional karena pengambilan sampel hanya dilakukan satu kali. Penelitian ini dilaksanakan di empat warung internet yang bertempat di kelurahan Tamantirto, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta dengan jumlah responden sebanyak 30 orang pemain online game dan 30 orang bukan pemain online game. Instrumen yang digunakan berupa Stroop Test.
Jumlah responden pemain online game memiliki time interference yang baik (80%) lebih banyak dibandingkan dengan bukan pemain online game (70%). Hasil dari analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai sig 0,000<0,05; maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna mengenai skor Selective Attention antara pemain online game dan yang bukan pemain online game.
Dosen Pembimbing: | DR. TRI PITARA MAHANGGORO,S.SI., M.KES | NIDN0506066801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 03:28 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |