MUHAMMAD IRHAM (2008) REPRESENTASI REALITAS SOSIAL MASYARAKAT YOGYAKARTA DALAM MURAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of Abstract]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstract.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (732kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (663kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
Abstract
Studi ini berusaha menganalisis mural yang terdapat di Stadion Kridosono sebagai representasi realitas sosial masyarakat Yogyakarta dengan menggunakan metode semiotika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi realitas sosial masyarakat Yogyakarta dalam mural di stadion Kridosono-Yogyakarta. Kerangka teori dalam penelitian ini melihat komunikasi sebagai proses produksi makna dan bagaimana sebuah mural melalui tanda-tanda verbal maupun non-verbal yang terdapat didalamnya digunakan untuk merepresentasikan realitas sosial masyarakat Yogyakarta sekaligus sebagai kritik sosial bagi masyarakat Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik yaitu dengan menggunakan pendekatan Charles Sanders Peirce yang terkenal dengan triangle meaning-nya (tanda, interpretant, dan objek) dimana ketiganya hanya dapat dipahami hanya dalam relasinya dengan yang lain. Tanda menurut Peirce dibagi ke dalam tiga kategori yaitu simbol, ikon dan indeks. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mural-mural yang terdapat di dinding stadion Kridosono merepresentasikan realitas sosial masyarakat Yogyakarta terutama berhubungan dengan kesehatan, sekaligus mengandung kritik-kritik sosial yang membangun. Dari ketiga mural yang dianalisis, dapat kita tarik benang merahnya yaitu ketiganya merepresentasikan isu-isu sosial yang terjadi bersamaan dengan dibuatnya mural tersebut yang dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia dan ketiga mural tersebut menggunakan figur manusia sebagai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REPRESENTASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:00 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21262 |